Desain Formulir Ringkasan Masuk dan Keluar

Desain adalah suatu kegiatan kreatif yang membawa pembaharuan, sedangkan Formulir adalah selembaran kertas yang berisi susunan data-data formal. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Desain Formulir Rekam Medis adalah Suatu kegiatan untuk merancang formulir Rekam Medis suatu Rumah Sakit sesuai dengan Kebutuhan dari petugas kesehatan yang akan mengisi formulir tersebut. Dalam penggunaanya Formulir Rekam Medis itu sendiri berguna sebagai berikut :
  •     Untuk keseragaman dan pembakuan kerja
  •     Untuk mempermudah dalam pengelolaan
  •     Untuk mempermudah pemberkasan (filling) baik sistem maupun tempat
  •     Untuk mempermudah penertiban prosedur dan tata kerja    Sebagai alat pemberian intruksi    
  •     Sebagai alat perencanaan, karena didalamnya terdapat data dan fakta baik kualitatif maupun  kuantitatif
  •     Sebagai alat untuk kontrol dan evaluasi baik kualitatif maupun kuantitatif. 
Dalam penggunannya  Desain Formulir mempunyai Konsep dalam Pembuatannya, berikut ini adalah beberapa Konsep dalam pembuatan Form Rekam Medis :
  •     Setiap formulir harus memiliki judul tertentu (nama formulir)
  •     Setiap formulir harus diberi nomor agar memudahkan pengontrolan data pasien dan jumlah formulir yang digunakan
  •     Setiap butir-butir dalam formulir harus diberi jarak
  •     Data yang berhubungan agar dikelompokkan dalam suatu bagian
  •     Gunakan judul kolom atau keterangan untuk menerangkan tujuan formulir. Misalnya untuk memudahkan dalam pengisian pertanyaan dapat menggunakan kotak jawaban (balok box).

Apakah anda sudah pernah melihat Formulir Rekam Medis ? Jika anda adalah seorang pasien di sebuah Rumah Sakit maka anda pasti sudah pernah melihat Berkas Rekam Medis anda karena setiap pasien rumah sakit psti memiliki sebuah Berkas Rekan Medis *sesuai dengan sistem penomoran yang berlaku di rumah sakit tersebut. Jika anda belum pernah melihat berkas Rekam Medis, anda bisa melihat contoh salah satu formulir yang terdapat di dalamnya, Berikut adalah Contoh Formulir Rekam Medis Ringkasan Masuk dan Keluar yang biasanya diberi simbol MR 1 atau MR 3 setelah General Consent yang saya Desain sendiri :





Bagaimana dengan Formulir yang saya Desain Sendiri ? Keren ngak? Mohon maaf yaahh kalau ada kesalahan dalam Variabel. jika ada yang tidak berkenaan dengan Formulir yang diatas atau ada pertanyaan seputar desain form ini, bisa bertanya ataupun berkomentar dibawah ini. Sampai Jumpa di Desain Form Selanjutnya... See you.. ;))

Previous
Next Post »
1 Komentar
avatar

mohon maaf apakah ada standar yang mengatur atau sebagai acuan dalam penyusunan ringkasan masuk keluar pasien? kalau misalnya poin transfusi atau imunisasi dihilangin bagaimana ya apa bisa?

Balas